Balaputradewa,Raja Kerajaan Sriwijaya

8

Diketahui Sri maharaja Balaputradewa adalah anggota wangsa sailendra ,raja kerajaan Sriwijaya berkuasa abad ke 8-9 M atau 850-an berasal dari wangsa Sailendra .

Riwayat hidup Balaputradewa

Riwayat hidup Balaputradewa berasal yang tercatat dalam sejumlah catatan sejarah sangat terbatas tidak menyebutkan tanggal atau tahun Ia lahir .Catatan sejarah  hanya menyebutkan tahun Ia diangkat menjadi raja kerajaan Sriwijaya yakni tahun 860-an ,namun tidak diketahui secara pasti tahun berapa Bala putradewa lahir dan tahun berapa Ia meninggal.

Balaputradewa berasal dari keluarga keturunan wangsa Sailendra membuat Ia tumbuh menjadi pribadi yang tegas ,pemberani dan bijaksana. Ayah kandung Balaputradewa bernama Samaragrawira serta ibunya bernama Dewi Tara ,putri Sri Dharmasetu dari wangsa Somo.

Riwayat hidup Balaputradewa tercatat dalam sejumlah prasasti salah satunya prasasti Nalanda misalnya mencatat Balaputradewa adalah cucu wirawairimathana atau penumpas musuh perwira kemudian dalam prasasti Kelurak Balaputradewa cucu dari Wairiwaramardana . Julukan ini seringkali ditujukan pada Dharanandra ,dengan kata lain Balaputradewa adalah cucu Dharanindra.

Perebutan kekuasaan Kerajaan Medang

Balaputradewa sebelum mengangkat dirinya menjadi maharaja Sriwijaya dulu pernah tinggal ditanah jawa tepatnya dikawasan kerajaan Medang periode Jawa Tengah atau kerajaan Mataram kuno.Ketika tinggal ditanah jawa pernah terjadi ketegangan antara Balaputradewa dengan Pramodhawardhani.

 Pasca meninggalnya raja Samaratungga akibat perebutan kekuasaan dan perebutan kekuasaan itu terjadi pasalnya Balaputradewa menganggap memiliki hak atas tahta kerajaan Medang karena Balaputradewa adalah adik Samaratungga .

 Pramodhawardhani juga tak mau kalah menganggap Ia adalah anak kandung Samaratungga.Perang saudara tidak dapat terelakkan setelah tahta kerajaan jatuh kepada menantu bernama Jatingrat atau Rakai Pikatan membuat Balaputradewa tidak terima kemudian Balaputradewa melakukan serangan terhadap Pramodhawardhani .

Rakai Pikatan membangun benteng melawan Balaputradewa

Serangan yang dilakukan Balaputradewa mendorong Jatiningrat atau Rakai Pikatan sebagai suami Pramodhawardhani membantu sang isteri untuk mempertahankan kerajaan dari serangan Balaputradewa.Menariknya saat menyerang Pramodhawarni menurut teory De Casparis Balaputradewa membangun benteng terbuat dari tatanan batu di Situs istana Ratu Boko,meski benteng situs ratu boko menurut Boebhory bukan milik Balaputradewa melainkan Rakai Wailang keturunan Wangsa Sanjaya .

Balaputradewa mengalami kekalahan lari ke Sumatera Selatan

Sayangnya dalam perang melawan Pramodhawardhani kemudian Balaputradewa mengalami kekalahan dan melarikan diri ke Sumatera Selatan.Balaputradewa melarikan diri bukan karena mengalami kekalahan dalam perang melawan Pramodhawardhani melainkan Balaputradewa merasa tidak berhak atas tahta kerajaan ditanah jawa akhirnya Ia kembali ke tempat kelahiran ibunya Dewi Tara ke Swarnadwipa atau pulau sumatera. 

Kisah perang Balaputradewa melawan Rakai Pikatan tercatat dalam Prasasti Tulang Air

 Kisah perang saudara antara Balaputradewa melawan Pramodhawardhani -Rakai Pikatan tercamtum disejumlah prasasti: tulang air 850,argapura 863 dan sejak itulah bhumi jawa dikuasai samaratungga dan pramodhawardani menikah dengan Jatiningrat.Pasca perang saudara Jatiningrat bergelar Rakai Pikatan bersama Pramodawardhani membangun kerajaan Medang selanjutnya 

Mendirikan Kerajaan Sriwijaya

Balaputradewa setelah sampai di pulau Sumatera membangun kembali kerajaan Sriwijaya pasalnya kerajaan Sriwijaya diambang kehancuran akibat dari lepasnya Kamboja dari kekuasaan Samaragrawira sehingga Ia memutuskan membagi kekuasaan menjadi 2 samaratungga dibhumi jawa dan Balaputradewa di sumatera 

 Raja Kerajaan Sriwijaya

Pada tahun 850-an M Balaputradewa mengangkat dirinya sebagai raja Sriwijaya bergelar Sri Maharaja Balaputradewa ,namun bukan berarti Balaputradewa merebut kekuasaan dari dharmasetu ,tetapi jawa dan sumatera adalah daerah kekuasaan wangsa Sailendra.Kerajaan Sriwijaya dibawah pemerintahan Balaputradewa kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan pesat dan wilayah pelayaran Sriwijaya makin luas hingga daerah Sriwijaya terkenal kerajaan maritim.

Belum ada Komentar untuk "Balaputradewa,Raja Kerajaan Sriwijaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel